Sunday, November 05, 2006

Catatan Habis Lebaran - Krisis Pembantu

Pak, maaf saya belum bisa floortime. masih krisis pembantu
begitu sms yang kukirim ke kantor sepuluh hari setelah lebaran. Walau pekerjaanku fleksible tapi kami tetap punya commitment untuk memenuhi jadwal floortime alias piket dikantor.
Ok, selamat "melantai"
begitu reply dari pak Ahmad, seniorku di kantor. Aku nyengir.

Krisis pembantu. Terjadi dimana mana seusai lebaran. Apalagi saat si upik abu alias oshin, sudah harus kembali Ngantor. Panik. Itu yang biasanya terjadi kalo sang pembantu tak juga kembali sesuai janji.

Senewen. begitu juga yang aku rasakan. Telp sudah berdering. SMS sudah minta dijawab
"Bin, buat kuliah accounting besok casenya yang mana ya??"
Gue belum liat lagi, tanya temen segroup lu deh..

" Mbak, Tugas accounting case'e sing endi?"
gurung moco !! aku seh mumet urusan pembantu.

Baca case accounting mana sempat...Tugas marketing belum disentuh blas. Mid ujian OM tinggal minggu depan. Final Exam Accounting dah didepan mata. Duh ?? Apa yang harus kulakukan ?? tanganku hanya dua ?? *halah* upik abu banget deh..

Aku nggak sabar dan datang ke sebuah yayasan penyalur pembantu langanan di cipete. Waduh ? disana persis pasar malam. banyak perempuan muda seliwar seliwir. Tiga petugas administrasi melayani telp yang terus berdering dan tamu yang mengalir datang.

"Mbak, saya cari Sintawati dari lampung, udah dateng belum ? Dia janji pulang balik selasa dan saya diminta jemput disini. Udah kamis gini kok belum ada kabar ??" katku to the point.

"Bu, saya udah lama disini, kalo pembantu bilang mau balik, belum tentu bisa dipegang omongannya!!" kata Raras-petugas administrasi.

Aku mulai tak sabar. Emang gue Bego ?? Gue juga tau perempuan yang berstatus pembantu itu minim pendidikan. manalah mereka peduli soal commitment, profesionalisme, dan loyalitas.

Aku dan petugas administrasi itu berdebat panjang. Intinya, aku minta kejelasan atas status sinta yang baru tiga bulan lalu jadi pembantu kami, mereka terus ngomong berbelit belit. Aku out of control...

"Ibu jangan marah marah sama saya dong. Ibu liat sendiri disini sibuk banget. Bukan cuma Ibu yang butuh pembantu" Untungnya si Raras lebih sabar dariku.

"ok, saya tunggu sampai minggu " kataku mengalah dan pulang hampa tangan.

Krisis pembantu.Terjadi dimana mana seusai lebaran. Teman kuliah, teman sekantor, Adik Ipar, Teman-teman perempuan yang lain, mengeluhkan hal yang sama. yayasan penyalur pembantu sibuk, panen raya dari jasa mendistribusikan perempuan dari kampung itu kerumah yang membutuhkan.

Ugh!! Aku bete. Malas banget harus mencari pembantu baru yang sesuai dengan kebutuhan di rumah...dan lagi..badan udah pegel linu, kuku tangan udah pada patah nih, seminggu lebih jadi upik abu alias Oshin.

Di penghujung minggu, Leha datang dari kampung. Aku bisa sedikit lega. Cuma Sinta yang meleset. duh ? kapan ya nyari pembantu baru ?? Kuliah sudah menanti. Ujian sebentar lagi. Jadwal floortime harus ditepati...

"Mpok. besok datang ya" aku kembali menelphon Mpok Salmah, perempuan betawi yang tinggal deket rumah.
"Kenape neng ??"
"Biasa. Bantu cuci baju ame strika"
"oh? iye dah...besok saye dateng"

Thank you Mpok...appreciate that...*halah*..emang mpok Salmah ngerti ??

1 comment:

Anonymous said...

mba, bisa share no telp yayasan penyalur PRt ga? matur suwun.

asrofi
asrofi@gmail.com