Tuesday, February 13, 2007

Just People….

perjalanan haji, emang seharusnya dijalani dengan khusuk dan khidmad. But people is people. just people....makanya tetap saja ada kejadian lucu yang terjadi rombongan kami. kejadian lucu yang memberi warna ceria perjalanan haji rombongan kami.

Beberapa cerita lucu sudah melengkapi tulisan tulisan sebelumnya, berikut yang masih tersisa dan sayang untuk dilewatkan…

Palu dan Pa Ali
Saat akan memasang tali jemuran di top roof, bapak bapak rombongan kami bingung. paku dan tali sih avalable tapi.."eh, siapa yang bawa palu?"
Untung ada yang bawa palu. Namun sayang kecil euy. Nggak kuat buat ngetok paku di tembok beton
"ah kalo kecil gini teh..namanya pa Ali buka pa lu" celetuk seorang bapak. well, pak Ali adalah nama bapak dirombongan kami yang sepuh, kecil dan ringkih. semua orang di top roof itu tertawa.

Sms salah kirim
"pak Ali kalo ketemu pa Eddy bawaan nya pengin nelpon mulu" begitu guyon yg beredar diantara bapak bapak. Well, emang banyak orang kalo punya masalah dengan handphone.. datang ke ayah buat minta tolong. Seperti kali itu, pak Ali bilang pada ayah
"pak Eddy kok sms saya ngga dibales ya? sampe kagak ya?
"coba saya liat" kata ayah
Ayah mengecheck disent items. lho kok dikirim ke nomor rumah? bukan no HP? ah, kali aja nomor rumah pa Ali bisa sms... positif thinking aja.. soalnya no rumah kami juga udah diset supaya bisa terima sms kok...
"pak Ali telp rumahnya bisa terima sms?"
" ya kagak..pigimane bisa telp rumah dipake sms?"
duh pak Ali?? gaptek banget deh!!
"ya pantes aja ngga dibales.. pak Ali salah kirim.. ngirimnya ke nomor rumah" kata ayah geli
"Oh? gitu ye? coba pak eddy dah yang kirimin sms ke anak saya pesannya bla..bla.bla.
Aku dan ayah bertukar pandang. Geli habiiiiz!!

Seorang Eyang Uti yang cantik
Di depan pintu kamar aku mencium bau balsem yg sangat kuat. Eh? apa Eyang dikamar sebelah sakit ya?? aku membuka pintu kamarku. Lho ? kok dikunci ?? padahal banyak sandal didepan pintu.Uhm, pastinya mereka didalam, aku lalu mengetuk "assalamualaikum..Bintari nih"

pintu dibuka sedikit "hayo masuk..buruan..ada yang lagi kerokan"
Hah?! aku bengong meliat perempuan tertua dikamar kami sedang dikerok.Masuk angin. "Masya Allah?! gue pikir Eyang di kamar sebelah yang kerokan"

"saya juga Eyang ti kok.."katanya kalem. Berikutnya perempuan tertua dikamar kami itu sering diledek sebagai Eyang. Ugh!! Eyang uti kok cantik kinclong dan umurnya 45 tahun!! kami tertawa tawa mengodanya...

Jadi dikamar kami masing masing punya julukan. Aku dibilang askar lift karena pernah marah marah di lift. Perempuan pertama dijuluki askar jemuran, karena concern ngurus ketertiban jemuran di top roof. Sedang perempuan terakhir punya julukan askar pasar seng, soalnya demen banget belanja!! He..he..komplit deh seorang Eyang uti dikawal tiga orang askar.

Salah Melambai
Pernah terjadi, aku menunggu ayah yang sedang bersiap untuk ke masjid- sambil mengobrol di kamar tetangga sebelah kanan. Ujug Ujug kok ayah udah muncul di depan pintu kamar yang memang terbuka sejak awal.

Aku melambai.dan bergegas bangun dari duduk. Tapi eit ???!! Kok istri pak somad juga bangun.? aku perhatikan lagi baik baik sosok didepan pintu...astaghfirullah al adzim. itu pak Somad!! bukan ayah!! Rupanya pak Somad menjemput istrinya yang memang berkamar disitu..

Tanpa pake kacamata gini, aku memang terkecoh, soalnya pak Somad (karu3) dan ayah (karu2) emang punya postur nyartis sama dan sebangun hi..hi..jadi malu sama bapak dan ibu Somad...udah sok akrab pake melambai segala..

Besok besok aku berusaha lebih awas. itu ayah apa pak Somad? jangan sampai ketuker!! Salah melambai mungkin lucu, kalo salah gandeng kan berabe !! Weiiiks.

Manfaat SMS
Satu malam di mekah ayah mengirim sms dari kamarnya "udah ngantuk nih... si abang masih aja ngajak diskusi temen temen"

Dengan persuasif aku bilang sama istri si Abang yang bersiap tidur di paling ujung dikamarku "mbak.. bapak bapak dah pada ngantuk... tapi Abang Mbak masih aja semangat ngobrol.. takutnya besok kesiangan bangun gitu lho"

"oh oke.. coba saya sms abang ya.." perempuan tertua dikamar kami itu lalu mengetik sms pada suaminya sambil berguman "bang.. ayo tidur.. temen2 dah pada ngantuk tuh.."

Nggak lama sms ayah datang lagi" ....thanks gorgeous... lampu dah mati nih.. kita dah mau tidur..” Dalam kamar yang gelap aku nyengir. Waaah itulah gunanya SMS ya..hi..hi..


Bodoh Berjamaah
Saat di mina, kalo sholat berjamaah kan satu imam satu sekat per rombongan 45 orang. sayangnya batas dengan rombongan sebelah cuma sebuah kain terpal yang tentu saja tembus suara.

Kalo kita perempuan sholat dalam hijab pembatas laki dan perempuan, suka confuse. eh, imam kita teh suaranya yang mana ? ini udah sujud belum? udah saatnya bangun dari sujud belum??

pernah ada satu kejadian, sebagian perempuan berimam pada imam rombongan kami, sebagian lagi terlanjur ikut imam rombongan sebelah. duh? walau seusai sholat kami banyak banyak beristighfar. tapi tetep aja geli sendiri "bodoh kok berjamaah" kata seorang dari kami. kami tertawa tawa mendengarnya.

Sejak itu, hijab selalu dibuka saat sholat, agar selain ikut suara kita juga bisa liat gerakan para bapak bapak yang lebih dekat dengan sang imam. Supaya bodoh berjamaah tidak terulang kembali.

Tentang Karu
Selama di amina, kata kata paling merdu adalah jika terdengar berita "para karu diminta ambil makanan di tenda petugas" waaah.. segera deh 4 orang karu dari rombongan kami mengambil box makanan, kue dan roti, nasi, buah,pop mie dari tenda sebelah.

Saking seringnya para karu dipanggil..mereka suka diledek.. para KARU diminta kumpul... makan KARE... ada juga yang masih menambahkan... KARO onta..Hi..hi..ayah yang jadi salah satu karu dirombongan kami cuma bisa nyengir..

Imam kabur (1)
Hari terakhir di Mina saat menunggu bis ke mekah datang, rombongan kami bersiap-siap untuk sholat dzuhur berjamaah di dalam tenda. Bapak fulan-sebut saja begitu- sudah bersiap jadi imam.

Ujug ujug ada pengumuman bahwa bis sudah datang dan menunggu di jalan depan perkemahan. Begitu dengar bahwa bis sudah siap, pak fulan bergegas mengambil tas dan ngacir keluar tenda, menuju bus. Rupanya beliau takut ketinggalan. Takut nggak kebagian tempat di bis..

lho?? kok imamnya kabur? terpaksalah bapak lain mengantikan jadi imam. cerita soal imam kabur ini rame dijadikan bahan ledekan dirombongan kami.

Imam Kabur (2)
Setelah imam yang pertama kabur. sebelum sholat dimulai imam berikutnya dicolek sama seorang bapak, salah seorang makmun "Pak, bis udah nunngu..baca suratnya yang pendek pendek aja ya..al ikhlas sama wal astri.."

Sang imam cuma bisa nyengir. Waaah… baru kali ini ada imam didikte makmum soal pilihan bacaan sholat… he..he..bapak bapak itu suka pada ketawa kalo inget kejadian itu.

Bapak HD Ali
Setelah rukun dan wajib haji dilaksanakan oleh rombongan kami. Pak Ali keliatan lebih cerah dan sehat dibanding hari hari sebelumnya. beliau sudah mau meladeni canda bapak bapak yang muda"pak ali..seneg banget nih romannya"
"walau badan saya masih di mekkah..tapi jiwa saya udah di jakarta" kata beliau sok puitis.
semua orang ketawa. trus beliau bilang gini "kalo orang orang nanti tambah huruf H didepan kalo saya ntar HD"
apaan tuh? tanya bapak teman sekamar ayah
"haji dorong.. soalnya waktu tawaf ifadha saya kan didorong pake kursi roda" kata beliau geli sendiri. duh? pak Ali... ternyata lucu banget!!

Ustad Gaul
Saat menunggu bis ke Jeddah kami mengoda pak Jumain, bapak muda yang jadi karu4 di rombongan kami.
“Pak Jumain kayaknya nggak pantes deh kalo dipanggil ustad Jumain”
“Lho jadi pantesnya apa dong?”
“Ustad Jimmy…lebih gaul gitu lho..”
Pak Jumain..eh Ustad Jimmy cuma bisa nyengir. Kami tertawa bersama. Wah..Ustad Jefri alias Uje jadi punya saingan nih..namanya ustad Jimmy hi..hi..

Piagam Sertifikat Haji
Hari terakhir di Jeddah, Bapak karom membagikan sertifikat haji. disitu tercantum nama dan tanggal berapa kami melaksanakan wukuf. Hah?! Buat apaan?? yang kami cari kan ampunan dan ridho Allah. Bukan gelar. Apalagi sertifikat haji.

Banyak guyon yang terucap "udah terima aja.. lumayan bisa buat lampiran CV" Ada juga yang bilang.." coba liat halaman belakangnya deh. .ada nilainya.. wukuf berapa.. tawaf berapa.. lulus apa ngga..." hi..hi...walau geli masing masing kami menerima juga piagam itu. ah, ada ada aja deh..

1 comment:

Anonymous said...

listrik mati! duh gaswat tugas kuliahku belum kelar :(

ah tapi untung tugas blogging dah kelar... hehehe