Thursday, February 01, 2007

Pelajaran dari Nyamuk

Back to saat aku tingkat akhir dan masih tinggal di Asrama Gilang Kencana Darmaga. Aku dan Uut lagi ngebahas skripsi dikamar Uut.
Tiba tiba Uut nanya,“ Bin lu jijik nggak ma cicak ?”
Aku menggeleng.
"Ulat bulu ??"
"Kecoa ??"
"Belalang ??"
"Capung??"
Aku terus menggeleng.
Ih Uut !! "Apa maksudnya sih ?!" tanyaku heran.

Uut mengulurkan sandalnya. “Ada kecoa deket pintu kamar mandi tuh. Getokin dong ..lu berani kan?” Walau geli, aku melempar sandal Uut ke kecoa itu …braak.!! Mati!!

Well, aku memang bukan penyayang binatang. Menurutku cuma bikin kotor rumah. Dan nyamuk adalah binatang yang paling aku benci. Dengingnya bikin susah tidur. Udah gitu kalo habis digigit nyamuk gatal semua. Pokoknya nyamuk sangat menganggu kenyamanan tidur.

Sejak kecil – rasanya SD- aku paling sering “berburu nyamuk” maksudnya mengejar dan menepok nyamuk dari kamar sebelum tidur. Soalnya Bapak dan mamah prefer gak sedia baygon dirumah. Kegiatan itulah yang membuatku expert dalam membunuh nyamuk.

Setelah dewasa dan menikah, aku bukan cuma bisa menangkap nyamuk terbang dengan tangan satu, tapi aku juga bisa menepok nyamuk terbang dalam kamar yang gelap gulita. Cuma mengandalkan suara dengingnya aku tau posisi nyamuk itu. Plak!! Kena ? pastinya!! Ayah aja ampe takjub dengan manuverku berburu nyamuk. Wow !!

Apalagi kalo nyamuk itu ampe berani mengigit kulit anak anakku… Waaah sudah pasti nggak akan selamat bisa terbang lagi… aku emang berdarah dingin…nggak punya rasa kasihan blas sama nyamuk…

Saat kami bermalam di Arafah menunggu saat wukuf esok hari, kami ditempatkan dalam tenda sederhana beralas karpet seadanya. Nyamankah?? Well, aku sih bersyukur aja udah sampe Arafah dan masih kebagian tempat buat berbaring.

Namun yang benar benar membuatku terganggu… nyamuknya banyak bener!! Saat itu kami dalam kondisi berihram. Salah satu pantangnya adalah tidak boleh membunuh binatang. Walau ada yang bilang tidak apa membunuh serangga yang mengganggu, semisal nyamuk. Tapi untuk amannya aku menahan diri.

Semalaman aku gelisah nggak bisa tidur. Selain tempatnya ala kadarnya..nyamuknya itu lho..duh ? mana tahan. Aku sendiri nggak yakin aku sempat jatuh tetidur, saat sadar kok teman teman udah bangun..?? “jam berapa ??” tanyaku lesu. “jam tiga..pada mau tahajud..” kata teman sekamar yang tidur disebelahku.

Aku berdiri ikut temanku menuju toilet. Kalo di dalam tenda peneranganya minim, lampu di lokasi toilet terang benerang. Saat kami antri temanku itu menunjuk mukena pendek yang kupake “kok ada bangkai nyamuk dan darahnya dimukenamu..? najis tuh.. jangan lupa ganti ya” duh ? untung temanku itu jeli.

Tanpa berpikir ini adalah hal yang aneh, sebelum sholat tahajud aku ganti mukena panjang. Habis sholat, dengan memakai mukena panjang itu aku kembali berbaring, berusaha tidur, toh subuh masih lama. Menjelang Subuh aku dan teman tadi kembali antri di toilet.

Di bawah terangnya lampu toilet temanku itu kembali menunjuk mukena yang kupake “ kok ada bangkai nyamuk dan darahnya lagi ?? ini udah ganti kan ? tadi perasaan mukenanya pendek.."

Hah ?! aku terkejut. Waaah ini bukan hal yang wajar. Aku membongkar travel bag jinjing dan ganti mukena baru. Dua mukena sebelumnya aku segera kucek ditempat wudhu, dan kujemur ditiang tenda.

Setelah sholat subuh aku banyak banyak beristigfar. Astaghfirullah Al adzim… mungkin selama ini aku berlebihan. Aku terlalu kejam terhadap nyamuk. Allah memberiku peringatan. Allah memberiku pelajaran. Bagaimanapun juga nyamuk adalah juga ciptaan Allah swt…

Selesaikah urusanku dengan nyamuk ? uhm..belum.. aku ngantuk berat ketika dhuha.. karena saat itu pilek.. aku tidur tiduran dengan bibir terbuka.. tiba tiba hap!! Lho ? aku merasa ada yang masuk ke mulutku. Cepat cepat kukeluarkan. Masya Allah!! Sebuah bangkai nyamuk lagi!! Aku cepat cepat berkumur dan beristigfar. Aku mohon banyak ampun atas kekejamanku terhadap nyamuk.

Di padang Arafah itu Allah seperti mengingatkanku… untuk tidak berlaku kejam dan tegaan terhadap binatang -sesama ciptaan Allah swt. Astaghfirullah al adzim…aku banyak banyak beristigfar.
Astaghfirullah al adzim… aku sungguh menyesal.

Epilog- Teladan seorang sahabat

Saat sudah di jakarta dan mulai aktif di net. Aku penasaran tentang satu hal. Aku membuka testimonial friendster seorang sahabat. Uhm, benar. Aku benar menulis satu hal yang mengingatkanku pada kejadian berikut.

Saat masih kuliah di Bogor. Satu sore menjelang magrib aku ngobrol sama satu sahabat di dalurung. Banyak nyamuk berseliweran dekat kami.

Yang bikin aku terkesan dan nggak habis pikir..setelah sadar ada nyamuk yang mengigit lengannya, sahabatku itu cuma mengusir nyamuk itu..tanpa berusaha membunuhnya!! Begitu doang!! Dengan tenang dia kembali menyimak ceritaku. Aku melonggo. Sungguh, saat itu aku membatin heran “ hah?! Sama nyamuk aja nggak tega ?!

Well, mungkin seharusnya begitu ya… mungkin justru itu yang benar… uhm, aku sudah mengabaikan sebuah teladan dari seorang sahabat.

No comments: