Tuesday, February 06, 2007

Toilet di Armina -Kebaikan Hati Seorang Bibik

Pernah terjadi saat di Mekah. Seusai makan aku buru-buru menaruh priring kotor dan gelas dipantry dekat kamar mandi. Ah, ntar aja deh nyucinya, pikirku. Soalnya Ayah udah ngajak beli buah ditoko sebelah nih..

Saat kembali ke pantry untuk cuci piring.. lho kok ? udah dicuci ?? Piring dan gelasku udah bersih tersimpan di rak. Waaah ini pasti si Bibik. Aku mengetuk kamar sebelah...

“Bibik..cuciin piring saya ya… sebetulnya nggak perlu repot repot bik.. tapi makasih banyak ya…” Bibik yang kumaksud, seorang perempuan 45 tahunan yang tidur di kamar sebelah. Beliau adalah pembantu rumah tangga yang dibiayai pergi haji oleh keluarga tempat dia bekerja.

“Nggak pa pa Bu… tadi sekalian saya juga pas cuci piring saya”katanya kalem. Uhm, tapi tetap aja aku nggak enak ati dan bilang sama perempuan lain yang sekamar dengan Bibik "Gue nggak enak hati , Mbak… dicuciin piring ma Bibik….”

“udahlah Mbak..nggak pa pa ...dia memang seneng berbuat baik gitu. Aku aja pernah.. baru ngerendem baju.. eh, aku pulang dari masjid bajuku satu ember dah dicucin ma dia“. Aku tertegun. Subhanallah. Baik betul ya si Bibik ??

Now… soal toilet di amina. Jika toilet di masjidil Haram dan masjid Nabawi selalu dibersihkan oleh petugas khusus. Hal itu tidak berlaku saat di armina (Arafah-Mina). Tidak ada petugas yang berkewajiban membersihkan toilet umum.

Saat akan berangkat ke Armina. Toilet umum juga jadi concernku. Namun Alhamdulillah- ternyata kondisinya tidak seburuk bayangku. Walau tidak sebagus toilet di PIM2 -of course!! Are you kidding ??-menurutku still oke lah.

Emang kondisinya gimana ?? uhm, standart sih. Memang nggak pake porselen apalagi marmer. Namun dindingnya dari bata yang di cat putih, serta lantainya dibuat dari bahan plastic yang tebal. Pintunya terbuat dari kayu ringan. Semi permanent. Kayaknya sih supaya gampang diganti dan direnov setiap musim haji tiba. STD BGT : Standart banget!! Tapi fisiknya lumayan bersih.

Yang membuatku nggak habis pikir adalah, kenapa kesadaran kebersihan jamaah begitu tipis?? Tissue bekas, Pantyliner bekas, Pembalut bekas, ditingalkan begitu saja di dalam bilik toilet. Berserakan dimana mana. Ugh!! Menjijikan you know

Aku tau dari beberapa teman yang sudah pergi haji duluan, mereka bilang kondisinya memang begitu. Berarti tiap tahun, kesadaran akan kebersihan bersama, memang tidak pernah ada.

Itulah kenapa aku nggak pernah berlama lama di dalam bilik toilet. Seperlunya saja. Dan aku selalu membuang sampah pribadiku ke tong sampah besar yang ada diluar bilik toilet. Well, kalo aku nggak bisa ngasih tau jamaah lain untuk membuang sampah pribadi itu pada tempatnya. Paling tidak aku tidak melakukan kebodohan yang sama. Come on…itu toilet umum..tanggung jawab untuk menjaga kebersihannya melekat pada kita semua.

Namun satu hal yang membuatku salut-si Bibik-perempuan baik hati dalam rombonganku itu, dengan rela dan ikhlas sering kali membersihkan beberapa bilik toilet itu dari sampah sampah pribadi itu, lalu membuangnya ketempat sampah!! Subhanallah. Berbeda dengan diriku yang cuma bisa ngomel ngomel ndiri. Beliau justru memberikan contoh nyata. Don’t complain..just do it!!

Bukan cuma sampah. Pernah ada bilik yang-entah dengan alasan apa- nggak di guyur oleh user sebelumnya.Ugh!! Jelas aja orang jijik nggak mau masuk ke bilik yang masih ada kotoran orang lain. Ini membuat antrian di bilik lain semakin parah. Melihat ini sang Bibik turun tangan. Beliau rela menguyur dan membersihkan juga sampah di bilik itu.

Aku merasa ini adalah kerelaan dan keikhlasan yang langka terjadi. Semoga Allah Swt memberikan pahala yang berlimpah kepada Bibik – perempuan bersahaja- dalam rombongan kami itu. Beliau memberiku pelajaran berharga. Don’t complain.... just do it.. Complain bring you no where, but if you do it.. you simple solve the problem…

Uhm, menurutku sih, kalo saja semua orang punya kesadaran membuang sampah pribadi di tempat sampah. Tentu kebersihan toilet umum bisa kita jaga bersama. Namun well, ternyata potret perempuan bangsa kita memang masih seperti itu.

Epilog-Bersyukur akan pilek.

Saat di amina-seperti halnya Ayah- aku cuma mandi sekali. Weiiiks!! Soalnya antrian masuk bilik toilet, emang panjang buanget!! Untuk wudhu aja aku sudah banyak bersabar diri jika diserobot.

Pastinya butuh kesabaran lebih buat ngantri mandi. Cuci muka dan sikat gigi ditempat wudhu membuatku cukup fresh. Makanya aku nggak terlalu concern soal urusan mandi. Toh disana kelembaban rendah. Dalam tenda yang ber-AC, kami tidak merasa gerah. Kami jarang berkeringat.

Begitu sampai ke Mekkah lagi, saat menunggu antrian mandi, aku baru sadar.... waaah kok nggak nyaman ya aroma tubuhku.. duh? jadi merasa bersalah nih ma temen temen yang tidur di sebelahku saat di amina. Maklum dalam tenda kan kami tidur berhimpit. Bedempet. Berdesakan kayak sarden dalam kaleng.

Aku lalu bilang gini sama temen sekamar yang waktu di mina tidur di sebelah kiriku. “Uhm, sorry ya..kalo terganggu sama aroma macem macem saat bobo sebelahku… “

Its oke..dont worry..lagian kan aku pilek. I can’t smell anything" katanya enteng. Aku nyengir. Syukurlah. Temanku itu lalu menambahkan “ You see.. ternyata pilek bisa juga jadi satu anugrah. Jadi kita nggak terganggu sama aroma orang lain saat bobo berdesakan waktu di armina.."

Aku tersenyum malu. Waaaah. Temanku itu emang hebat ya ?! If we can look on the bright side of life..Pilek aja bisa jadi hal yang patut disyukuri. Alhamdulillah.

No comments: