Tuesday, September 05, 2006

Mereka Memanggilku Tante

"Manager baru itu terlalu fungky dipanggil Ibu" begitu bisik-bisik diantara sekertaris saat aku awal bergabung di kantor kedua. Dekat bunderan HI.

Kantor ini memang punya culture yang konservatif. Bisa diliat dari gaya berpakaian, dan interaksi antar karyawan. Behave banget !! semua junior memanggil pak dan bu kepada para senior.

Aku yang punya pengalaman panjang di industri lifestyle lalu beradaptasi. Tapi tetap saja aku dibilang terlalu gaul . Mereka memang memanggilku "Bu" tapi aku melihat cewe-cewe sekretaris boss itu senyum-senyum geli.

Sampai suatu saat aku dan seorang supervisor, perempuan yang lebih muda 10 tahun datang ke acara ulangtahun MTV. Ini acara buat teenage yang jadi target market MTV dan product yang aku handle. Aku bongkar lemari bajuku. Memilih pakaian yang kira-kira proper. Aku nggak pengin terlihat aneh disana.

Acaranya rame. Penuh ABG. Banyak SPG berkeliaran. Mereka menawari product , memberikan sample.
“Silahkan dicoba Mbak” begitu SPG bilang ke supervisorku.
“Silahkan dicoba Tante “ begitu SPG itu bilang padaku.
Supervisorku tertawa. Aku cuma bisa nyenggir. Penampilan emang nggak bisa bohong. Aku udah tuwir. Aku lebih pantas jadi tante buat ABG-ABG itu.

Besoknya cerita soal “memanggil tante” beredar di kantor. Sejak saat itu diluar meeting formal- mereka lalu memanggilku tante :-)

Di lain kesempatan. Aku baru mau pulang dari semarang. Selesai mensupervisi acara teenage yang di sponsori perusahaanku. Panitia menitipkan seorang model cewe untuk aku dampingi. Kami satu pesawat. Kami ngobrol. Dia memanggilku tante. Penasaran aku tanya
"emang berapa umur kamu ?"
"Lima belas tahun tante !"
wow !! muda bange?! Padahal penampilannya udah kayak mahasiswi tingkat pertama.
"Emang berapa umur mama kamu ?" sekedar pembanding pikirku.
“Tiga tujuh, tante.” Aku yang saat itu berumur 35 cuma bisa nyengir.
Pantas saja. Dia memanggilku tante!!

"Tante, ini proposal yang harus di follow up" begitu kata sekretasris boss.
"Tante, ikut kunjungan outlet yuks!! " begitu kata sesama manager.
"Tante, presentasinya dah siap belum ? " begitu kata boss ku sambil ketawa geli.
Waduh ? Mereka memanggilku Tante !! :-D

No comments: