Monday, July 24, 2006

Catatan Tentang Kuliahku

A. Tentang Statika Dinamika

Empat !! aku menatap kertas hasil ujian stadinku dengan tak percaya. Selama aku kuliah di IPB. Belum pernah mendapat nilai sejelek ini. Segera kuhampiri pak Erizal. Dosen Stadin adalah pak Bambang. Pak Erizal assistennya yang mengkoreksi ujian kami.

Aku berusaha banding “Pak mungkin Bapak salah mengkoreksi yang nomor 4 dan 5 menurut saya betul.” Pak Erizal mengambil kertasku. Membaca hitunganku sepintas. Beliau tersenyum.
“Ada gaya yang tidak kamu hitung bla..bla..bla." Beliau menjelaskan beberapa hitungan. Aku menyimak baik-baik. Ih, Dia betul.
Aduh ? aku jadi malu udah protes. Aku yang salah !!
"Ehm, maaf pak." Kataku salah tingkah
Pak Erizal cuma mengangguk. Sungguh, aku tidak akan pernah lupa pada ujian stadinku yang dapat empat.


B. Tentang Teknik Pengolahan Pangan-1

Pe-eR kami dibagikan. Kuliah TPP. Dosennya pak Hadi. Assisten dosennya pak Solehudin, pasti dia yang mengkoreksi karena ada sedikit note di kertasku. “kok banyak salahnya ? makanya lain kali kalo bikin Pe-Er jangan nyontek”
Aku sebal. Kuhampiri dia. Protes.
“Mas, justru karena aku bikin sendiri, peer ini banyak salahnya. Kalo nyontek, mending nyontek punya Kikin dan Dahma - pastinya bener".
Pak Solehudin keliatan terkejut. Dia tidak meyangka aku seberani itu.
“ya sori deh.” Mas Solehudin bilang begitu. Aku segera berlalu.

C. Tentang Teknik Pengolahan Pangan-2

Kejadian lain.Masih dikuliah yang sama. Nilai ujian ku jelek. Salah banyak. Di kertas itu ada tulisan tangan pak Hadi, bunyinya “kamu kenapa?” beserta icon orang sedih :-(
Tapi aku malas datang pada pak Hadi.
Sebab pada kenyataannya aku baik-baik saja kok.
Emang suatu hal yang aneh kalo aku dapat nilai jelek ?

D. Tentang Ekonomi Teknik.

Aku memakai bando baruku. Sebuah bando berbalut kain. Bermotif garis-garis halus berwarna pink. Cukup menyolok. Tapi aku menyukainya. Aku duduk di baris depan saat kuliah Ekotek. Pak Bambang mengajar. Aku kaget melihat baju yang dipakai pak Bambang, motifnya mirip banget dengan motif bandoku.

Beberapa teman menunjuk nunjuk bandoku, lalu ke pak Bambang.
Teman-teman ketawa-ketawa di belakang.
Ih, aku jadi malu. Salah tingkah. Aku ingin kuliah ini cepat berakhir.
Untung pak Bambang sepertinya tidak menyadari.

“Bagaimana ? mengerti ?” begitu tanya pak Bambang diakhir kuliah.
Tidak ada yang merespon. Semua masih sibuk mencatat.
“kalo nggak ngerti tanya sama Bintari “ Beliau menunjukku sebelum bergegas meninggalkan kelas. Aku tersanjung.Sepertinya, aku memang mahasiswa kesayangan beliau.

Tapi sejak saat aku tidak pernah pake bando itu lagi ke kampus. Takut samaan baju Pak Bambang lagi kan berabe :-D

3 comments:

arisp said...

waduh... masak ujian statika dinamika cuman dapat 4, sudah dapat 4 protes lagi!

Anonymous said...

He..he..aku sudah nggak inget lagi.
Kalo dulu kamu cakep kayak sekarang, aku tambahin 2 dech, jadi 6 he..he..iya nggak pak Aris?

Anonymous said...

Greets to the webmaster of this wonderful site! Keep up the good work. Thanks.
»