Sunday, July 16, 2006

Kebanggaan di Hari Wisuda

Bogor macet total dihari wisuda IPB. Banyak mobil dijalur menuju Damaga. Bapak Mamah dan Eddy menghadiri wisudaku. Aku dan Mamah ribet berkebaya. Bapak dan Eddy memakai jas terbaik mereka. Ini hari istimewa. Ini hari aku wisuda.

Acara wisuda akbar di pusatkan di gedung GWW Darmaga. Tidak terlalu berkesan karena terlalu banyak orang. Yang aku ingat justru wisuda di Fakultas. Aku sudah tau sehari sebelumnya-saat mengambil pinjaman toga- bahwa wisudawan dengan nilai memuaskan akan mendapat tempat khusus. Tempat duduk di barisan depan. Begitu juga orang tua mereka.

Bapak kelihatan surprise, saat keluarga kami mendapat tempat istimewa itu. Bapak terlihat bangga. Aku lulus sangat memuaskan. Tidak banyak wisudawan yang lulus dengan predikat sangat memuaskan-terlebih dari jurusanku-dan aku salah satunya.

Sudah begitu banyak kesalahpahaman, pertentangan, debat, konflik, kekecewaan yang Bapak rasakan terhadapku. Well, harus diakui aku memang pribadi yang sulit.Tapi di hari wisuda aku bahagia, bisa membuat Bapak bangga akan diriku.

Sedikit sekali kebanggaan yang bisa kuberikan. Wisuda dengan predikat Sangat Memuaskan – adalah kenangan terbaik akan itu.
Gaudeamus igitur iuvenes dum sumus
Gaudeamus igitur iuvenes dum sumus
Post iucndam iuventutem
Post molestam senectutem
Nos habebit humus
Nos habebit humus

No comments: