Saturday, October 21, 2006

Kenangan Ramadhan jelang Lebaran

Ramadhan tahun ini, beberapa minggu lalu aku menerima sms dari Papi
*Bunda istirahat dirumah ngapain aja?
*leyeh leyeh.. baca baca... ngeblog
*wah !! kerjaan gue jadi nambah dong
*maksudnya? ih apa hubungannya, pikirku
*baca blog
Aku tertawa keras. Walau pendiam tapi adikku itu emang suka becanda.

Ramadhan gini. Back to jaman kita masih SD. Sekolah memberikan libur panjang. ngapain aja selama libur dan berpuasa? Yang paling berkesan buatku adalah main karambol bareng.

Kami empat bersaudara nyaris sebaya. Main karambol adalah hal yang ideal. Pas banget.Mbak Ary dan Bram versus aku dan Dian. Atau mbak Ary dan Dian versus aku dan Bram.

Seru!! karena team yang kalah harus siap dibedakin pake tepung kanji pelicin papan karambol. Wah!! teras rumah jadi putih semua deh. Sayangnya aku lupa siapa paling jago diantara kami berempat. Kayaknya berimbang deh..ya iyalah.. kami empat bersaudara yang nyaris sebaya.Kami melewatkan libur puasa dengan banyak tertawa.

Ramadhan gini, saat Mamah mulai sibuk nyiapin kebutuhan lebaran, aku ingat Mamah akan memberi kami berempat tugas rutin. Apaan tuh? mengupas kacang tanah buat bikin kacang bawang. Jaman kami usia SD dulu emang kacang tanah dijual bersama kulit arinya. Belum tersedia kacang yang putih bersih tanpa kulit ari seperti kini.

Simbok memasukan 3 ato 5 kg kacang yg masih berkulit ari itu ke baskom besar.Menyiram dengan air panas. Didiamkan sebentar dan setelah air jadi hangat, adalah tugas kami berempat untuk memisahkan kulit ari yang sudah lunak dari butir butir kacang itu. Satu demi satu. Ugh!! bosen banget!! Tapi kan nggak enak ati kalo nolak..makanya kami kerjakan juga sambil mengobrol atau nonton teve bareng.

Pada akhirnya kalo satu demi satu dari kami menyerah dan mundur dari acara mengupas kacang, toh masih ada simbok yang membereskan urusan kacang bawang itu..ugh!! I miss her...miss her so much...hiks..hiks..

Ramadhan menjelang lebaran gini. Back to saat Mbak Ary dan aku udah kuliah. Bram dan Dian masih SMA. Kami iseng bikin kompetisi diantara kita berempat. ..adu beken...adu populer.Duh? asal banget deh!! gimana tuh?

Terserah kita mau kirim berapa banyak kartu lebaran. Tapi yang jadi ukuran kemenangan adu beken dan populer ini adalah siapa yang menerima kartu lebaran terbanyak.Hayo! ih, konyol ya??

Hasilnya tak terduga. Bram- satu satunya cowo diantara kami berempat justru menerima kartu lebaran terbanyak. Kami bertiga geli sendiri, ternyata cewe emang lebih telaten kirim kartu lebaran, sedang cowo lebih banyak nerima doang. Weiks?!! enak betul?? Bram adalah contoh nyata untuk hal itu.Tapi Hey?!! bisa jadi Bram, cowo pendiam yang super pintar itu- memang paling beken, paling populer dari kami berempat. Gubrak deh!!

Ramadhan menjelang lebaran tahun ini. Hari ini. Aku ke condet. Tidak buat main karambol. Bukan buat mengupas kacang. Apalagi mengulang kompetisi adu beken yang konyol. Aku ke condet karena mamah mengundang buka puasa bareng. Bertepatan juga dengan ulang tahun Papi Bram...

Add another candle on Your birthday is not make you older..it just makes your life brighter..
Happy Birthday Bro..

No comments: