Saturday, October 28, 2006

Potret Perempuan Saat Lebaran

"Susiii..panggil mbakmu... minta bantu bantu disini.." begitu yang suka dibilang ibu mertuaku kalo kami lebaran di Jambi. Well, Susi nggak punya kakak perempuan kalo ada perempuan yang dipanggil mbak. Pasti yang dimaksud adalah aku-sang kakak ipar. Hih! padahal kami sebaya...

Hm, biasanya beberapa hari menjelang lebaran ibu mertuaku yang jago masak memang sibuk banget. semua perempuan yang available dirumah besar itu dikumpulkan di dapur untuk membantu. Aku mantu sulung dan dua anak perempuan yang saat itu masih lajang. Kami bukan cuma masak ketupat, sayur nangko, rendang dan opor ayam... tapi juga tekwan dan mpek mpek makanan khas palembang.

Selain homemade kue kue kering. Ibu mertuaku, perempuan melayu-dari Riau kepulauan itu juga masih telaten bikin kue tradisional sumsel misalnya maksuba dan kue delapan jam..ugh !! melihat bikinnya aku dah neg duluan soalnya banyak banget gula, telur bebek, susu kental manis yang dipake. rasanya maniiiiis banget!! tapi kue ini awet tanpa butuh pengawet. nggak perlu masuk kulkas bisa tahan lebih dari 1 minggu. Entah bagaimana rahasia resepnya..

Aku yang paling bego urusan masak emang nggak bisa bantu banyak. Paling motong motong sayur dan ngupas bumbu doang. Susilah tangan lanan Ibu dalam acara masak akbar di dapur type 20 itu....aku cuma andalan untuk...cuci piring...

Tahun demi tahun berganti. Menantu perempuan Ibu bertambah dua, untungnya ada yang jago masak. Perempuan palembang yang jadi menantu kedua itu handal bikin mpek mpek dan tekwan. Sebagai menantu sulung sih tetap aja aku kudu jaim, setor muka, bantu bantu didapur. bagian icip icip... weiks!! enak betul ya..

Menantu bertambah, pastinya cucu juga semakin banyak kan?? Ibu lebih senang mengurus cucu cucu. Beberapa tahun belakangan aktifitas dapur tidak seheboh sebelumnya. Kegiatan masak akbar disederhanakan, maksuba dan kue delapan jam ditiadakan. Cihui!! soalnya aku nggak sabar bikin kue kok ampe delapan jam. Ngapain? makannya cuma butuh sekian menit kok...he..he..

Well, lebaran di daerah emang lebih terasa dibanding lebaran di jakarta. Tua muda saling berkunjung, dan itu bukan cuma salaman depan pintu tapi lengkap dengan minum coke dan icip-icip kue lebaran. Belum lagi kalo ketupat dan tekwan Ibu masih available, waaaaaaah semakin bertumpuklah cucian piring kami :-)

Lebaran di Jambi memang lebih meriah. lebih berkesan. Rumah besar di Sipin itu mendadak rame jika ayah bersaudara lengkap berkumpul. Sebagai perempuan jawa sejati (*halah*) berbagi moment lebaran bersama ipar ipar yang orang Jambi, Palembang. Padang, dan satu urang Sunda memang memberikan warna berbeda pada jalan hidupku.

....Allahua Akbar...Allahua Akbar...Walillah Ilham...

"Mbak kami minta ketupatnya... bawa balik yo..kami dak bikin. cuma bedua oom dirumah. manolah kami telap bikin ketupat." begitu tante Susi bilang "rendang samo sayur nangko sih ado.."
"kami jugo dak bikin dak..beli bae " sambung si bungsu Nana.
Aku mengangguk. "yo.. iyolah bawa bae.... "
well, aku toh juga memesan ketupatku.

Senin kemarin Susi dan Nana beserta suami dan anak-anak mereka berkumpul dirumah cirendeu. Sebagai kakak sulung, mereka lah tamu perdana "open house" (*halah*) di rumah kami.

Ibu mertuaku di Jambi menangis saat ditelp....mengingat si sulung dan dua anak perempuan tidak mudik tahun ini...beliau pasti merindukan kami. Acara masak memasak di Jambi bisa jadi kurang lengkap tanpa hadirnya kami bertiga. Hm, potret perempuan saat lebaran, emang nggak jauh dari urusan dapur :-)

minal aidin wal faidzin. maafkan lahir dan batin...

No comments: