Wednesday, October 18, 2006

Nggak ada lu nggak rame !! -sebuah reuni

"sebelum gue mudik, kapan nih buka puasa bareng ?" begitu rabu sore menjelang magrib Erfan tanya via telp.
Ugh! aku sebetulnya dah malas woro-woro. Tapi sayang juga sih kalo Ramadhan kali ini lewat tanpa buka puasa bareng temen-temen kuliah saat di bogor. Soalnya udah jadi tradisi tiap tahun.

"Gue sih kapan aja bisa. Lu ?" kataku tanpa terlalu antusias.
"Jumat besok aja. Gue ada buka puasa bareng tempat lain, tapi bisa gue kalahin deh"
duh ? woro-woro cuma dalam dua hari ? mepet banget!! Tapi emang kapan lagi?? Minggu depan pasti temen-temen dah pada mudik.
"kalo yang datang dikit ?"
"nggak pa pa lah...yang penting ketemu"

Aku kembali teringat kata-kata Andi saat terakhir ngumpul. Kalo yang datang dikit toh ngobrolnya jadi bisa akrab. Nggak sendiri-sendiri. Hm, boleh juga sih..
"Citos. Jumat pulang kantor. Lu datang kan ? soalnya nggak ada lu nggak rame!!" kataku becanda.
Erfan ketawa keras, kayaknya dia geli mendengar kutipan iklan rokok yang kusebut barusan "ya..ya gue dateng"

Jumat itu, aku dan Mulat bareng dari Bintaro dan sampai di nandos@citos duluan. Kami cuma ngorder satu meja buat berdelapan. Paling segitu yang datang. Menjelang magrib satu-satu mereka muncul. Dahnial sekeluarga. Andi sekeluarga. Erfan datang belakangan. Sayang banget Djarot cancel last minute. Sedikit memang. Tapi persis seperti yang dibilang Andi. Justru lebih akrab.

Seru. Itu yang aku rasakan saat ngumpul bareng mereka. Obrolan yang didominasi Andi berjalan (*halah* pake berjalan, emang rapat DPR/MPR ??) meriah. Rame.Enteng.Menyenangkan.Si Andi emang teman ngobrol yang fun.

Betul Andi berubah banyak. Dia bukan lagi Andi yang kukenal saat kuliah bareng. Kalo dia lagi sharing, kok rasanya jadi "mendadak filsuf". Walau kadang nyelekit juga, tapi kami menangapinya dengan tertawa.

Kita nggak banyak ngabsen kabar temen-temen. Udah basi, udah garing ah... kita lebih banyak sharing. Diskusi, soal kehidupan masing-masing. Sedikit pribadi memang, tapi its fine. Paling tidak menambah wawasan masing-masing kami soal warna kehidupan. Lagian Ini bukan diskusi yang pelik dan serius, ini moment sharing yang light dan penuh tawa.

Hm, aku memandang teman-temanku itu baik-baik. Satu demi satu. Mulat. Dahnial. Andi. Erfan. Aku berusaha menyelaraskan ingatan dengan kenyataan yang ada di meja nandos@citos malam itu. Beberapa potong kenangan melintas cepat. Beberapa moment sebelum dan sesudah kami lulus kembali terbayang. Aku membatin, dulu Andi pernah bilang gini, Danil pernah bilang gitu.Aku tersenyum. Seiring dengan berjalannya waktu, banyak hal yang telah berubah...

Yang luarbiasa, satu hal yang tidak berubah walau berbelas tahun telah lewat... keBERSAMAan dengan mereka selalu menyenangkan!! Thanks for the great evening guys...thanks for coming...just remember ...nggak ada lu nggak rame!!

Keep smiling..keep shining
Knowing you can always count on me
For sure...thats what friends are for....

....sepanjang jalan pulang aku jadi ingat salah satu lagu favorit Erfan itu...

1 comment:

Anonymous said...

Nice to give a comment ...
Yang jelas reuni kecil kemarin membawa rasa persaudaraan yang kental buat gw ... Semoga rasa persaudaraan itu semakin kental dan terpelihara ...
Perubahan bukan suatu halangan, uban, kesehatan, umur, penglihatan yang menurun, merupakan peringatan NYA yang harus kita cermati untuk perbuatan kita ke depan ....
Keep smiling, Keep shining ....