Wednesday, January 31, 2007

Pemahaman Akan Haji Akbar

"Kapan sih kita berangkat ke Arafah ? Kamis ato Jumat ?" tanyaku pada Ayah. “Belum ngepack pakaian nih”. Saat itu kami lagi ngobrol berdua seusai makan bareng di pondokan.

“kalo menurut penangalan sih. Tanggal 8 zulhijah tuh hari jumat, wukuf sabtu ..nih liat sekarang aja baru tanggal dua. " Ayah menunjukan sms jadwal waktu sholat, Ayah memang berlangganan fasilitas itu ke operator seluler mobily.

“kok temen temen di Indo udah ribut ngirim sms tahun ini Haji Akbar ?"

"Nggak tau, Bun. Kata pak kepala kloter waktu wukuf akan ditetapkan oleh sebuah komite, nanti diumukan oleh raja Saudi. Kita masih menunggu."

“lho kok bisa tanggalan dirubah-rubah gitu ??” Kalo kita pake tanggalan masehi dan ada selisih dengan penanggalan hijriah mah kupikir lumrah. Lha ini kita udah pake penanggalan hijriah kok.

“Bukan berubah..lebih tepat di adjust.. komite itu akan melihat bulan, jadi yang di adjust jumlah hari di bulan kemarin itu 29 atau 30 hari, itu kan pengaruh pada penanggalan bulan berikutnya.. yaitu saat saat ini"

“oh..gitu ya ?? trus apa sih yang dimaksud Haji Akbar ??"

“Katanya sih kalo wukuf bertepatan dengan hari jumat, orang menyebut sebagai Haji Akbar soalnya Rasulullah juga dulu melaksanakan haji juga gitu. Pas hari jumat wukufnya. Ingat lho ya.. Rasulullah cuma sekali melaksanakan haji."

“Emang bener Haji Akbar istimewa ? sampai orang orang lokal Saudi, Yaman, Bahrain juga verbondong bondong pada datang ikutan ? Apa nggak jadi melebih kuota yang ditetapkan pemerintah saudi ??” Duh ? aku rada ngeri membayangkan, betapa akan sesaknya melempar jumrah, thawaf ifadah dan sai. Uhm, belum lagi kemacetan ke Arafah dan Mina. Pasti luar biasa!!

“Ayah sih sebetulnya punya pemahaman berbeda soal Haji Akbar itu"

“How ?”

“Di masjid Jin(*) kan suka ada tauziah yang disampaikan oleh imam besarnya. Karena saat ini jamaah masjid jin banyakan jamaah Indonesia. Tauziah itu diterjemahkan dalam bahasa Indonesia oleh mahasiswa Indonesia. Anak muda itu luar bisa Bun… jago banget bahasa arab, hadist dan ayat ayat juga fasih. Top banget deh!!"

“Trus..trus…”

“Pernah ada dibahas soal Haji Akbar ini. Diskusi. Debat. Dan Imam Besar masjid Jin meng-confirm bahwa tidak ada yang namanya haji akbar. Semua haji itu sama. Kapanpun jatuh hari wukufnya!! Ayah lebih percaya itu tuh"

“Tapi kok tetep banyak yang percaya Haji Akbar ?" tanyaku insist

“Ya Karena memang ada hadist yang bilang satu Haji Akbar sama dengan 3 sampai 7 kali haji biasa. Tapi nggak semua paham bahwa hadist itu palsu. Kan nggak banyak tauziah seperti yang ada di masjid jin itu"

Aku kembali mengangguk angguk seperti anak kecil “oh ? gitu ya ??”

So ? Saat wukuf kami di Arafah kemarin memang bertepatan dengan hari jumat. Namun begitulah pemahaman kami soal Haji Akbar. Wallahu’alam bi shawab

Keterangan (*)
Di kota suci Makkah, banyak terdapat masjid-masjid bersejarah. Salah satunya adalah Masjid al-Jin yang letaknya berada di pinggir jalan raya, cuma berjarak 200 meter dari rumah kami -tingal nyebrang jalan lewat jembatan, sampe deh. Kalau nggak sholat di Haram, ayah suka sholat di masjid ini, karena setelah sholat suka ada tauziah yang diterjemahkan dalam bahasa Indonesia.

Masjid tersebut terkenal di kalangan umat Muslim karena di sanalah dahulu Nabi Muhammad saw pernah membaiat jin yang masuk Islam.

No comments: