Wednesday, August 30, 2006

My License To Drive

Aku memutuskan belajar nyetir saat sudah punya anak 2. Boss ku berseru heran “nggak telat Bin ?! lagian kamu kan dah nyaman punya supir?!” Betul. Aku memang punya supir pribadi yang prioritasnya mengantar dan menjemput Iqbal sekolah. Tapi semenjak perusahaan memberiku fasilitas mobil dinas aku tidak ingin tergantung pada supir. Aku lalu putuskan belajar menyetir.

Sebetulnya orang yang menginspirasiku belajar nyetir adalah mbak Ary. Dengan gamis panjang dan jilbab yang tertutup rapat, dia mampu mengantar jemput ke 4 anaknya ke sekolah. Belanja, arisan, pengajian, adalah kesibukan sehari-harinya. Mbak Ary bisa nyetir kok, masa gue nggak ?! Banyak kejadian lucu saat aku baru bisa nyetir. Aku geli kalo mengingat yang berikut..

Awalnya aku ikut kursus nyetir di Senayan.pagi-pagi sebelum ke kantor. Setelah program berakhir. Aku cuma bisa basicnya saja. Aku nggak punya keberanian turun kejalan raya. Lalu aku ikut kursus nyetir lagi di cirendeu dekat rumah. Kali ini lebih focus melatih keberanianku turun kejalan.Sukses !! Kursus menyetir itu membantuku mendapatkan SIM. Nembak !! Ayah meledek.Ck..ck. buat belajar nyetitr ajah butuh dua kali sekolah ? Ayah bilang aku punya gelar S2 buat nyetir :-D

Tante susi pernah bertanya "Bunda dah bisa nyetirnya Bang ?"
Iqbal menjawab lugu "Udah, tapi kalo ngerem Iqbal selalu terlempar dari kursi." :-D

Pengalaman nyetir sendiri tanpa didampingi Ayah/sopir yang pertama adalah ke Kelapa Gading bersama teman-teman kantor. Weekend itu aku menjemput mereka di Pasaraya. Ante duduk depan jadi co pilot. Dua orang teman lain duduk dibelakang. Kami berempat cewe semua. Saat di TOL hujan turun. Ante mengingatkan “wipernya Bubin.“

“Bentar Nte, Gue nggak tau tombol wiper dimana “ kataku sambil mencari-cari di dashboard. Aku belum pernah menyetir dalam hujan begini sbelumnya. "Kalo rem Bubin tau ?" tanya Ante terdengar serius. Aku mengangguk sambil tetap focus pada kemudi. Ante menoleh kebelakang dan bilang "Tenang teman-teman. Jangan cemas.Yang penting Bubin tau dimana remnya!!" Mereka tertawa. Aku nyengir :-D

Beres urusan wiper. Kami masih melaju di tol. Batas minimal kecepatan 60 km/jam.Selalu di kiri walau dikanan kosong. Teman yang duduk dibelakan nyeletuk gini "Ante coba liat deh tulisan di jalan tol paling kiri. Kayaknya tertulis TRUK, BIS dan TARUNA ya ? kok kita dari tadi kiri terus ??" Kami tertawa lagi. Tarunaku memang tidak pernah pindah kekanan :-D

Kali lain aku visit outlet ke Plaza Senayan sama Ante. Seperti biasa dia co pilot. Dia memberiku aba-aba"Yak! sein kiri Bubin". Aku memberi sein ke kirin dan berusaha kekiri. Ups!! Ternyata kami salah. Belokan kiri ke Senayan ternyata masih didepan. Tarunaku sudah kasih sein kekiri. Sudah dikiri, tapi nggak jadi belok kiri. Pritt!! Aku ditilang. Ante menatapku menyesal "Aduh Bubin sorry banget!!" Aku cuma nyengir. Ini adalah pelanggaran lalu lintasku yang pertama :-D

Setelah kejadian itu aku masih sering kering semprit. Tidak patuh lampu merah, salah masuk jalur dan menerobos 3 in 1. Adalah yang paling sering :-D I realize I’m not a good driver. Maklum SIMnya aja nembak!! :-D

No comments: